Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Sistem Jaringan Informasi - HUBAL BAWASLU RI
blog-img-10

Posted by : Admin

Bawaslu Menerima Kunjungan Kerja Anggota Komisi A DPRD Kebumen

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu menerima kunjungan Komisi A DPRD Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Subbagian Hubungan Antar Lembaga Bawaslu dan Bagian Temuan dan Laporan Pelanggaran Bawaslu berdialog dengan Sahabat Bawaslu tentang Studi Referensi Tentang Penyelenggaraan Pilkada.

Kepala Subbagian Hubal Bawaslu R. Alief Sudewo mengatakan, silaturahmi dengan DPRD Kabupaten Kebumen menguatkan hubungan antar lembaga untuk suksesi penyelenggaraan pilkada. Dia menyatakan, kerja-kerja mengawasi pilkada ini adalah kerja bersama-sama antara Bawaslu dengan banyak pemangku kepentingan, disisi lain kami mengapresiasi Kunjungan Anggota DPRD Kabupaten Kebumen datang ke Bawaslu RI, merefleksikan hubungan yang sinergis dan positif antara Bawaslu dengan Masyarakat Kebumen, yang diwakili oleh Bapak/Ibu, demikian menurut penuturan Kasubbag Hubal Bawaslu ini.

"Bawaslu dalam mengawasi Pemilihan Serentak Tahun 2020 sudah menyelenggarakan kerja sama antar lembaga dengan berbagai lembaga. Misalnya, untuk netralitas ASN, kita sudah bekerja sama dengan Komisi Aparatur Sipil Negara," katanya di Ruang Rapat Bawaslu, Jln. MH. Thamrin, No. 14, Jakarta Pusat, pada hari Selasa (24/11/2020).

 Kepala Sub Bagian Wilayah III pada Bagian Temuan dan Laporan Pelanggaran Lesmana menambahkan, teknis kepemiluan dalam hal ini penyelenggaraan pemilihan tahun 2020 adalah kewenangan KPU. Bawaslu sebagai lembaga pengawas dan penegakan hukum pemilu hanya menjalankan tugas-tugas sesuai perintah peraturan perundang-undangan.

Lesmana menerangkan, kerja Bawaslu mengawasi peserta pemilihan dan KPU. Secara teknis, Bawaslu juga mengawasi dugaan pelanggaran protokol kesehatan dalam metode kampanye peserta pemilihan.

"Untuk pengawasan yang sesuai UU. Misal kasus netralitas ASN, Bawaslu merekomendasikan ke KASN, kasus protokol kesehatan dengan koordinasi bersama Gugus Tugas Penanganan Covid-19," teranya.

Pada kesempatan dialog ini, Komisi A DPRD Kabupaten Kebumen menyampaikan kisah-kisah penyelenggaraan pemilihan di Kabupaten Kebumen. Para Anggota Dewan berdialog tentang isu-isu netralitas ASN, Pemilihan dengan satu pasangan calon, dan persoalan teknis pengawasan pemilihan. Untuk kepentingan mendidik pemilih, DPRD Kabupaten Kebumen mengharapkan ada sosialisasi kebijakan dan kerja-kerja pengawasan Bawaslu khusus daerah-daerah dengan satu pasangan calon.

Demi memenuhi kebutuhan Komisi A DPRD Kabupaten Kebumen, Bawaslu menyampaikan hasil penelitian yang sudah dibukukan dengan judul Fenomena Calon Tunggal. Buku tersebut menjawab kebutuhan teoritis dan pengetahuan tentang Pemilihan Calon Tunggal pada tahun 2018. Link bisa diunduh disini https://www.bawaslu.go.id/id/publikasi/buku-fenomena-penelitian-calon-tunggal 

Untuk dokumen kerja sama Bawaslu dengan lembaga terkait, masyarakat bisa mengunduh di situs Si Jari Hubal pada bagian layanan informasi. Kemudian memilih bagian dokumen.

 

 

 

Penulis Andrian Habibi

Foto Ilham Thoriq