Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Sistem Jaringan Informasi - HUBAL BAWASLU RI
blog-img-10

Posted by : Admin

Fritz, Kerja Sama Harus Dibuktikan

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Koordinator Divisi Hukum, Hubungan Masyarakat, dan Data Informasi Bawaslu Fritz Edward Siregar mengatakan, kerja sama antar lembaga Bawaslu dengan lembaga/kementerian harus dibuktikan dalam kegiatan teknis bersama, hasil dari penandatanganan Nota Kesepakatan Aksi (MoA) Pengawasan Konten Internet antara Bawaslu RI, Kominfo RI dan KPU. Anggota Bawaslu ini mengharapkan kerja sama yang dimulai dari kesepahaman bersama tidak boleh berhenti dalam bentuk dokumen.

"Kita buktikan dalam pekerjaan," sehingga output MoU dapat bermanfaat dan bermakna untuk pengawasan konten internet, kata Fritz di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Republik Indonesia, pada Rabu (18/11/2020)

Alumni magister hukum di Belanda ini mengingatkan, pembuktian kerja sama antar lembaga dibuktikan dengan kerja pengawasan konten internet pada penyelenggaraan pemilihan tahun 2020. Kerja sama antara Bawaslu dengan Kominfo sudah memperlihatkan kinerja yang baik. Maka, Fritz menginginkan kerja sama pengawasan konten internet dinaikkan ke tinggkatan lebih tinggi.

"Kita harus menyatukan tim dari dua lembaga untuk pengawasan konten internet," ujarnya.

Oleh sebab itu, hubungan yang baik antara Bawaslu dan Kominfo berencana untuk menggabungkan pengawas konten internet di Kominfo dengan analis hukum dari Bawaslu. Gabungan tim ini akan memudahkan kerja pengawasan konten internet. Sehingga jalur koordinasi bisa dipersingkat.

"Selama ini analis Bawaslu menunggu kiriman hasil pengawasan konten internet dari Kominfo. Besok, analis Bawaslu langsung kerja di Kominfo. Jadi temuan Kominfo langsung dianalisa oleh Bawaslu," tegasnya.

Pada kesempatan ini, Kominfo mengajak Tim Bawaslu untuk melihat ruangan operasional pengendalian konten internet, ruangan operasi keamanan internet, dan ruangan komprensi pers Kominfo. Fritz meminta tim Bawaslu bisa membuktikan Nota Kesepakatan Aksi antara Bawaslu, Kominfo, dan KPU menjadi program percontohan tindak lanjut kerja sama antar lembaga.

"Kerja sama ini diharapkan bisa dipertahankan dan berkelanjutan," pungkas alumni Doktor Ilmu Hukum dari Australia tersebut.

Tim Bawaslu yang ikut serta dengan Fritz antara lain: Tenaga Ahli Bawaslu Sulastio, Tim Asistensi Bawaslu Grace Sianipar dan Fiera Maulidda, Kepala Subbagian Hubungan Antar Lembaga R. Alief Sudewo, juga Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat Ahd. Ali Imron. Selain mereka, Fritz juga membawa analis Bawaslu dari bagian Hukum Arief Rizal, Adellina Syahda, dan Ucu Saepurridwan.

 

Foto Humas Bawaslu