Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Sistem Jaringan Informasi - HUBAL BAWASLU RI
blog-img-10

Posted by : Admin

Ketua Bawaslu Ajak Mahasiswa Mengawasi Pemilihan Kepala Daerah

Ketua Bawaslu Abhan, mengatakan perbandingan jumlah pengawas pemilihan dengan luas wilayah Pengawasan pemilihan tidak sebanding. Karena itu, butuh kerja sama dalam upaya pencegahan dugaan pelanggaran pemilihan.

"Pengawas tingkat kecamatan ada tiga orang, pengawas lapangan/desa satu orang, dan pengawas di TPS satu orang, belum cukup untuk mengawasi seluruh wilayah Pengawasan," katanya di Purwokerto, Kabupaten Bayumas, Provinsi Jawa, pada Senin (30/11/2020).

Abhan memahami kerja-kerja pengawasan tidak bisa dilaksanakan sendirian oleh Bawaslu. Oleh sebab itu, butuh pengawasan partisipatif. Karena pengawasan partisipatif adalah kunci menjaga keadilan demokrasi.

"Dalam pembicaraan santai, saya sering bilang, kerja pengawasan itu siang dan malam. Jadi, kalau tidur, mata sang Pengawas harus berbagi tugas, satu untuk tidur dan satu lagi mengawasi pemilihan," ujarnya.

Untuk itu, Bawaslu membangun kerja sama dengan berbagai pihak. Dalam hal ini, termasuk kerja sama dengan Universitas Jenderal Soedirman dan Universitas Wijaya Kusuma Purwokerto. Target kerja sama ini adalah mengajak mahasiswa untuk ikut serta mengawasi pemilihan.

Pengawasan partisipatif lah sebagai latar belakang kerja sama yang dilaksanakan Bawaslu dengan pelbagai pemangku kepentingan. Karena kerja sama antara pengawas dengan mahasiswa diharapkan mampu memenuhi harapan pengawalan dan menjaga demokrasi Indonesia.

"Melalui kerja sama dengan berbagai universitas, dorongan untuk pengawasan partisipatif bisa memenuhi subtansi demokrasi," terangnya.

Abhan yang pernah menjadi ketua Panwaslu/Bawaslu Provinsi Jawa Tengah ini melanjutkan, program pengawasan partisipatif ini sudah masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah dan lanjut. Sehingga, program kerja sama terus dilaksanakan dan ditumbuhkan.

"Program nasional pengawasan partisipatif ini akan ditambah jumlahnya setiap tahun," sebutnya.

Dilain sisi, pengacara asal Semarang ini menerangkan, Bawaslu memiliki program Sekolah Kader Pengawas Partisipatif. Dengan program itu, mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan pemahaman untuk mengemban amanah pengawasan pemilihan dan pemilu.

"Mahasiswa yang lulus SKPP akan membantu pengabdian mahasiswa saat aplikasi pengawasan partisipatif," pungkasnya.

Ketua Bawaslu Abhan menjadi pembicara dalam kegiatan Bawaslu Ngobrol (Bawor) yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kabupaten Bayumas di Pendopo Si Panji Mas Kabupayen Bayumas, Provinsi Jawa Tengah. Pada acara siaran langsung ini, Abhan ditemani Rektor Universitas Jenderal Soedirman dan Universitas Wijaya Kusuma, dan Wakil Bupati Banyumas.


Tim Hubal Bawaslu
Andrian Habibi
Ilham Thoriq